Musim Durian Sudah Tiba, Cek Terlebih Dahulu 8 Manfaatnya untuk Kesehatanmu

https://ichef.bbci.co.uk/news/800/cpsprodpb/4EF1/production/_105290202_gettyimages-911947076-594x594.jpg
https://ichef.bbci.co.uk/news/800/cpsprodpb/4EF1/production/_105290202_gettyimages-911947076-594x594.jpg
Durian
Photo by Tom Fisk from Pexels

Di beberapa daerah kini terlihat serbuan pedagang musiman di pinggir-pinggir jalan. Mereka memenuhi bak pick up-nya dengan buah-buahan berduri dan beraroma harum nan menyengat. Buah apa lagi kalau bukan durian. 

Buah berkulit duri ini memang digandrungi oleh banyak kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Karena bau, rasa, daging, dan satu dua hal lainnya yang sangat khas, ia dapat memberikan rasa lezat yang berbeda dari buah-buah yang lain. Bahkan durian dapat diolah lagi menjadi produk-produk makanan dan minuman, seperti es krim, es durian degan, permen, pancake, bubur, dan lain sebagainya. Dikutip dari penelitan Universiti Teknologi Malaysia, durian juga memberikan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, loh (Tirto, 2021). Apa saja itu?

  1. Meredakan anemia 

Bagi Sahabat Transform yang sedang mengalami dampak dari kurangnya tingkat haemoglobin, durian memiliki kandungan asam folat yang tinggi dapat memproduksi haemoglobin dan meredakan anemia. 

  1. Menjaga kesehatan tulang

Selain asam folat, durian juga memiliki kandungan logam, seperti kalium dan kalsium yang tentu mampu menjaga tulang agar tetap sehat.

  1. Meringankan depresi dan meningkatkan kualitas tidur

Triptofan pada durian membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, kadar serotonin dan melatonin yang terkandung di dalam senyawa tersebut dapat membantu kita untuk mengelola emosi dan mengurangi stress, anxiety, dan depresi.

  1. Memerangi kanker

Banyak sekali kandungan vitamin, nutrisi, dan senyawa kimia alami pada durian yang berfungsi sebagai antioksidan yang nantinya dapat digunakan untuk melawan kanker dan radikal bebas.

  1. Membantu sistem pencernaan

Durian mengandung serat yang tinggi. Jenis karbohidrat ini penting untuk meningkatkan pergerakan usus dalam skala yang besar sehingga mudah bergerak melalui saluran usus. Oleh karenanya, serat dapat membantu sembelit dan penyumbatan usus. Tidak hanya itu, serat dapat mengurangi jumlah kolesterol dengan cepat membuang LDL dari tubuh sebelum merusak sistem kardiovaskulat.

  1. Mencegah penuaan dini
Baca juga:  Mudah Lupa? Begini Saran Dokter Agar Daya Ingat Meningkat

Kandungan airnya menjaga kulit terhidrasi, mengurangi kekeringan dan munculnya garis-garis halus. Selain itu, kandungan antioksidan-nya dapat mengurangi jumlah radikal bebas sehingga menghambat gejala penuaan maupun mengurangi kemungkinan penuaan dini.

  1. Meningkatkan dan mendorong kesuburan

Durian mengandung hormon estrogen yang tinggi dan penting untuk membantu dalam proses pembuahan. Disamping itu, durian juga mengurangi kemungkinan mandul pada pria maupun perempuan.

  1. Obat tradisional

Selain buahnya, bagian durian yang lain juga sangat bermanfaat. Di Malaysia, daun dan akarnya bisa dimanfaatkan sebagai obat demam. Jus dari daunnya berguna sebagai obat penurun panas. Kulit batangnya digunakan sebagai obat malaria di daerah Sumatera. Daunnya saja pun bermanfaat untuk pengobatan sakit jantung dan obat cacing. Rebusan daun dan buahnya bermanfaat sebagai pengobatan pembengkakan dan kondisi kulit.

Sumber referensi: Tirto (2021)

Penelitian Universiti Teknologi Malaysia

Nama Penulis : Dian Nurjannah

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Keseruan Hore Ins Kontinental

Acara Perlombaan

Paling populer

Kampus Teratas

Jurusan Teratas

Ikutan Percobaan Asesmen nasional sekarang!